Tekno  

Cara Merawat Headset dengan Benar

Salah satu aksesoris HP yang banyak digunakan yaitu headset. Selain dapat membuat Anda mampu mendengarkan musik di mana saja, headset berguna agar Anda tidak mati gaya. Headset memang mudah sekali mengalami kerusakan. Karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara merawat headset dengan baik. Dalam artikel ini akan diulas mengenai bagaimana cara merawat headset dengan benar supaya awet dan tahan lama.

Bagaimana Cara Merawat Headset dengan Benar?

Gulung Headset dengan Cara yang Tepat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat headset awet yaitu dengan menggulung kabel headset tersebut dengan tepat. Menggulung kabel headset memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda perlu berhati-hati supaya nantinya dapat meminimalisir kerusakan dari headset tersebut.

Teknik menggulung headset yang benar yaitu dengan Anda menggulungnya membentuk angka 8. Anda bisa menggulung memakai bantuan ibu jari dan jari kelingking, setelah itu Anda dapat menyimpan headset tersebut di tempat yang khusus, supaya gulungannya tidak berantakan dan kusut.

Hindari Menyetel Musik dengan Volume Besar

Banyak orang yang menggunakan headset lalu menyetel volume tinggal sangat besar. Tujuannya mungkin saja karena mereka ingin mendengarkan suara dengan lebih jelas, namun sebenarnya hal tersebut akan berdampak pada headset yang cepat rusak.

Karena itu, bagi Anda yang selama ini sering melakukan kebiasaan tersebut, maka perlu untuk segera menghentikannya. Karena selain headset akan cepat rusak, gendang telinga Anda juga akan jadi kurang sensitif lagi. Bahkan bisa saja mengakibatkan gendang telinga pecah.

Gunakan Tipe Headset yang Awet

Ketika Anda memilih headset, maka sebaiknya jangan hanya berfokus terhadap merek, model maupun spesifikasi yang tampak keren saja. Terlebih lagi jika disini Anda hanya terpaku pada harga, sebaiknya Anda lebih jeli dalam memilih headset yang benar-benar tepat.

Perlu Anda ketahui, bahwasanya headset yang mempunyai ujung colokan dengan bentuk L dianggap lebih awet jika dibandingkan headset dengan ujung colokan lurus. Hal itu dikarenakan ujung colokan yang membentuk huruf L umumnya akan lebih kuat dan kencang, sehingga tidak akan mudah lepas.

Hindari Terkena Cairan

Sama seperti charger, mayoritas perangkat elektronik tidak akan mampu bertahan lama jika seringkali terkena cairan. Komponen listrik yang terdapat pada perangkat elektronik tersebut akan mudah rusak jika berkontak dengan cairan. Karena itu, sebisa mungkin mulai saat ini Anda harus menghindarkan headset dari cairan yang mampu menyebabkan korsleting pada headset milik Anda.

Selanjutnya pastikan juga headset selalu berada dalam kondisi kering sebelum Anda memakainya. Bisa juga di sini Anda memakai penyerap kelembaban di area penyimpanan headset, supaya perangkat tersebut tetap kering dan mampu digunakan dengan lebih optimal.

Jangan Biarkan Headset Terbentur

Hal tersebut memang cukup terdengar sepele, namun jika headset Anda terbiasa jatuh atau terlempar karena benturan, maka hal tersebut akan berpotensi pada komponen kecil yang terdapat di dalam headset yang akhirnya melepaskan diri. Hal itu pada akhirnya juga akan membuat kualitas menurun dan headset akan cepat sekali rusak.

Hindari Headset dari Kotoran dan Debu

Tidak hanya air saja, sebisa mungkin di sini Anda menjaga headset dari debu dan kotoran yang mudah sekali menempel. Anda dapat membersihkan headset tersebut memakai cotton bud dengan rutin. Sehingga dengan begitu pastinya akan membuat headset Anda awet dan tahan lama.

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara melakukan perawatan pada headset yang benar. Seperti yang diketahui, headset memang rentan sekali rusak. Maka dari itu, Anda harus menjaga dengan baik-baik headset supaya tidak cepat rusak yang pastinya membuat Anda harus boros pengeluaran.