Kurangnya Skill bagi Angkatan kerja, Pelatihan Online Jadi Solusinya

Di Era saat ini, banyak sekali lulusan-lulusan baru yang membutuhkan pekerjaan. Namun karena minimnya skill yang mereka miliki, membuat mereka sulit diterima perusahaan.

Mengapa demikian? Perusahaan saat ini sangat membutuhkan orang-orang yang mumpuni dalam bidang yang dibutuhkan perusahaan, sedangkan para lulusan baru yang sedang mencari kerja, kebanyakan dari mereka masih kurang menguasai skill-skill yang seharusnya dimiliki yang dibutuhkan perusahaa, sehingga perusahaan pun kesulitan apabila harus menerima pekerja baru tanpa skill yang di milikinya

“Ini merupakan situasi paradoks. Pengangguran masih tinggi namun industry juga kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. Yang dibutuhkan masyarakat dan industry bukan sekedar Angkatan kerja, tapi yang paling penting Angkatan siap kerja,” Kata Hilman Fajrian, CEO Arkademi, startup penyedia pelatihan online tersertifikasi.

Tak dipungkiri menguasai mattei secara akademik pada era saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan industry saat ini. Apalagi saat ini keterampilan dan pengembangan diri terkadang sangatlah dibutuhkan di dunia kerja.

Alhasil, mereka yang memiliki skill sedikit akan digeser dengan pesaing yang mempunyai kelebihan Skill di bidang tertentu. Ini tentunya saat ini menjadi momok menakutkan untuk para lulusan baru yang ingin mencari kerja.

Menurut Hilman, mengikuti pelatihan atau kursus bisa menjadi opsi yang dapat dilakukan. “mengikuti kursus keterampilan tak hanya menambah dan mengasah skill, namun juga dapat memperluas jaringan kedepannya. Semakin luas jejaring yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan,”Ujarnya.

Dan kini mengikuti pelatihan bisa dilakukan dimana saja, sembari beraktivitas lainnya. Sebab di era saat ini platform upgrade skill menyediakan layanan online, sehingga peserta dengan mudah dapat mengakses dan mengikuti kapanpun dan dimanapun. Salah satunya yaitu Arkademi, peserta dapat mengikuti kursus dan pelatihan kapan dan dimana saja tanpa secara online hanya dengan melalui website atau aplikasi mobile.

“Dengan mengikuti kursus dan pelatihan online setiap kerja bersertifikat bukan hanya menguntungkan bagi pencari kerja karena akan mempunyai keahlian yang pas bagi pemberi kerja tau perusahaan, yang dengan adanya itu dapat membantu mereka dalam mencari pekerja yang sesuai kriteria/idaman perusahaan,”terang hilman.

Bicara mengenai Arkademi, Hilman mengklaim platformnya merancang dan Menyusun setiap materi kursus dan pelatihan bukan saja dengan para ahli Pendidikan dan pakar di bidangnya tersebut. Namun pihaknya juga turut melibatkan kalangan industri khususnya human resource (HR) dan people development dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia.

Dengan adanya hal tersebut, Arkademi memastikan bahwa kursus dan pelatihan telah sesuai dengan keahlian tenaga kerja yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau dunia industri saat ini. Arkademi juga telah memenuhin kriteria Pendidikan non-formal yang dapat menjangkau peserta lebih lua, karena pelatihan di Arkademi dibuat ramah untuk lulusan baru.

Menurut Hilman, “Selaras dengan visi kami mencetak kandidat yang siap kerja, sehingga bisa lebih cepat dan mudah dalam mengakuisisi tenaga kerja dan menekan biaya serta waktu dalam proses pelatihan untuk karyawan baru. Kedua pihak, baik pencari kerja maupun perusahaan akan sama-sama diuntungkan,”Ungkapnya.